• All
  • Pemrograman
  • Tutorial
gravatar

Install Aplikasi Linux di Windows

Mungkin dah sering ya jalanin aplikasi windows di linux pake aplikasi wine. Tapi sekarang dibalik, njalanin aplikasi linux di windows, especially aplikasi KDE. (woot) Iya, ternyata KDE membuat project KDE on Windows, yaitu memporting aplikasi-aplikasi KDE ke dalam Windows. Tapi project ini belum masuk tahap final state, jadi masih dalam development, begitu yang dibaca dari situsnya,windows.kde.org. Jadi penasaran, seperti apa KDE on Windows ini. (thinking)

Disitusnya disediakan halaman download untuk installer KDE on Windows. Installernya berupa sebuah file exe, jadi prosesnya ya seperti layaknya menginstall program di windows, next next next. (devil) Dalam proses penginstallannya harus connect ke internet, karena source-source yang diperlukan ada di internet. Jadi harus punya bandwidth gede buat nyedot source-nya, kalo nggak ya wassalam. (goodluck)
Iseng-iseng nyoba aplikasi ini, hasilnya seperti apa. Abis download langsung double click tu program. Abis itu next, baca petunjuknya, next lagi ampe kelar. Pada proses penginstallan terdapat opsi untuk memilih aplikasi apa saja yang mau diinstall. Jadi kalau nanti mau nambah aplikasi, tinggal diulangi step dari awal, kemudian pilih aplikasi yang mau diinstall.
Setelah berhasil, kita sudah bisa menjalankan program-program KDE di windows. Menurut info yang saya peroleh, kita bisa mengganti explorer windows dengan plasma desktop punyanya KDE, cuman belum pernah nyoba. :-P Berikut screenshot saat menjalankan beberapa program KDE di windows.
Kate
Kate
KolourPaint
KolourPaint